Menghormati orang yang (tidak) puasa

Beberapa waktu yang lalu, jagat media sosial menjadi hangat-hangat gimana gitu menanggapi kicauan twitter dari Pak Mentri Agama. Kicauan beliau tentang ajakan untuk menghormati warung yang buka saat bulan Ramadhan.  Berbagai macam tanggapan datang, ada yang kontra, begitu juga sebaliknya ada yang pro dan bahkan memuji sikap inklusif Bapak Mentri kita ini. “Alah… Pro dan…

Ramadhan dan Keihklasan

  Marhaban ya Ramadhan… Alhamdulillah, Tuhan masih memberikan kesempatan kesekian kalinya bagiku untuk turut ikut serta memeriahkan event dari-Nya, puasa di bulan Ramadhan. Alhamdulillah kesekian kalinya, Ramadhan tahun ini juga terasa amat sangat berbeda. Ada teman hidup yang menemani puasaku, istriku tercinta. Ada kota baru tempat dimana Aku tinggal. Ada tempat kerja baru… Alhamdulillah pokoknya.…

Mangayu Bagyo

Ini adalah malam pertama kali ketika aku kembali membuka kemudian menulis di blog ini. Di kota yang baru, kota yang mungkin belum pernah kubayangkan ketika awal – awal aku menulis blog ini. Kota yang sebenarnya sudah hampir 1 tahun lamanya memberikanku tempat berteduh. Tapi apa daya, ada benarnya juga yang dikatakan Pakde Ahmad Albar, memang…

Menyoal Mudik

Berdasarkan berita yang dilansir oleh tribunnews.com, bahwa mudik tahun ini menalan korban jiwa sebanyak 515 orang. Jumlah yang tidak sedikit, bayangkan saja, 1 nyawa dilahirkan dalam kurun waktu 9 bulan, berarti kalo 515 orang berarti ada 4.635 bulan kumulasi waktu yang hilang, atau 386,25 tahun. Bayangkan misal pendapatan mereka perbulan adalah 1 juta rupiah. Berarti…

I hate Monday itu Black Campaign !!! LOL

Hari ini adalah hari senin, hari yang mungkin bagi sebagian banyak orang merupakan hari yang cukup dibenci (.. saya tidak lho, hehe). Hari senin dibenci, bukan karena hari senin itu sendiri. Hari senin tidak disukai, dikarenakan hari itu merupakan awal dari serangkaian aktifitas (-formal) yang akan dilakukan dalam minggu ini. Entah mulai kapan, atau bagaimana…

Aku putuskan untuk keluar

Hampir 2 tahun ini aku bekerja sebagai bankir di salah bank terbesar di Indonesia. Dikontrak selama 2 tahun, dan hampir masa kontrak itu berakhir, aku putuskan untuk keluar. “Loh kenapa keluar, gaji udah besar, deket rumah. Kurang apa coba ?”, begitulah beberapa pertanyaan yang sering aku dengar. Terlalu sering malahan. Kadang terfikir dalam benakku untuk…

Renungan minggu pagi

Hmmm…  pagi ini aku kebangun pukul 6. Dan ini artinya ada keterlambatan sekitar 1 jam lebih dari waktu yang ditentukan Tuhan untuk berlangsungnya ibadah wajib sholat subuh. ” Maaf Tuhan, aku terlambat…..”. “Sholat subuh atau sholat dhuha ini Yu”, begitu sapa ibuku ketika ku memasuki kamar sholat. Mendengar perkataan ibuku tadi aku kemudian terfikir, sungguh…